FANDOM

Ali bin Ghazali (dikenal sebagai Ali atau Ejen Ali) adalah tokoh utama dalam seri Ejen Ali. Dia adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang awalnya hidup seperti biasa, namun secara tidak sengaja ia dibawa oleh M.A.T.A., sebuah badan rahasia yang melindungi Cyberaya dari bahaya.

Ringkasan

Ali menjadi agen secara tidak sengaja saat dia terpaksa menggunakan I.R.I.S. (Infinity Retinal Intelligent System) untuk melindungi kotanya dari musuh M.A.T.A.. Sekarang, Ali Ali telah berkoordinasi dengan M.A.T.A. terbesar. Meskipun Ali adalah orang brengsek dalam pengambilan keputusan atau saat berlatih, dia juga seorang yang pemberani untuk membantu siapa saja yang berada dalam masalah. Ali sekarang berada di MATA untuk berlatih menguasai lebih banyak IRIS. Bersama dengan rekan setimnya, Alicia dan Bakar, Ali harus melakukan misi penting untuk menyelamatkan Cyberaya.

Sejarah

Pra-Ejen Ali

Dalam konsep awal, Ali adalah seorang anak intelijen di agensi rahasia M.A.T.A.. Dia memiliki kecerdasan tinggi yang hanya bisa merangsang dalam situasi kritis. Ia menjadi mata-mata dengan Bakar dan Comot untuk menyelamatkan ayahnya, yang diculik oleh seorang penjahat bernama Nonimus. Ali menggunakan I.R.I.S., yang merupakan ciptaan ayahnya, dan item yang diminta oleh Nonimus.

Dalam konsep terakhir, banyak konsep awal telah didesain ulang atau ditinggalkan. Hal itu terungkap dalam MISI: COMOT bahwa Ali pernah memiliki keluarga yang bahagia. Ini terbukti saat dia mengagumi citra anak mudanya, ayah, ibu dan kucing kesayangannya, Labu. Menurut ayahnya, ibunya meninggal dan Labu kemudian lolos. Ayahnya tidak bisa merawat Ali karena dia terlalu sibuk bekerja dan baru pulang ke rumah pada malam hari. Jadi, Ali sendirian di rumahnya. Terkadang, ia akan berbicara dan bermain game online dengan sahabatnya, Viktor.

Penampilan

Ali memiliki kulit cerah, mata hitam dan rambut hitam. Rambutnya agak kasar ke kanan. Sebagai agen, gaya rambutnya dilacak ke kiri, yang semula ditata oleh Paman Bakar untuk melengkapi identitas agen rahasia Ali. Ali juga rendah dibanding usianya, tingginya hanya 130 cm. Kedua General Rama dan Alicia telah menegaskan kelemahan fisik tubuh Ali, yang terutama selama pelatihan agennya.

SERAGAM SEKOLAH: Sama seperti seragam sekolah di Malaysia, Ali memakai baju putih, sepatu putih dan celana biru. Ia juga memakai dasi merah dengan pola futuristik.

SERAGAM AGEN: Sebagai agen, Ali memakai kacamata khusus yang disebut I.R.I.S. (Infinity Retinal Intelligence System) yang telah sengaja diaktifkan dan hanya bisa digunakan oleh Ali saja. Dia juga memakai jas merah dengan pola hitam dan biru dan kotak kuning kecil. Ini juga memiliki lengan hitam dan dilengkapi dengan sarung tangan berwarna merah dan abu-abu. Sut Ali, milik Jenny, dilengkapi dengan komunikator, body sensor dan teknologi homing, sampai M.A.T.A. dapat mendeteksi kehadiran Ali dan memantau keselamatannya melalui jasnya. Ali juga memakai sepatu Aero Boots merah.

Kepribadian

Ali dikenal canggung dan rawan hukuman, dan memiliki kebencian terhadap Alicia. Meskipun kemalasan dan tidak adanya disiplin sepanjang seri, Ali berhasil mewujudkannya dengan tekad dan keberanian. Pada akhir musim pertama, bagaimanapun, dia telah mencoba untuk datang lebih awal ke sekolah dan memperbaiki studinya. Namun, rasa sakitnya sering menyebabkan misinya gagal, dan dia tidak melakukannya dengan baik sesuai dengan instruksinya. Setiap kali ada orang yang tertekan, Ali tidak berpikir dua kali untuk terburu-buru dan membantu, ciri-ciri yang diwarisi dari ibunya. Dia sepertinya tidak terlalu populer di sekolah, kurang dari rata-rata kelas dan beberapa teman, termasuk Viktor. Seperti 12 tahun lainnya, Ali menginginkan popularitas, seperti yang terlihat dalam MISI: SENSASI, ketika dia menggunakan identitas agennya untuk mendapatkan popularitas sebagai pahlawan Cyberaya, disebut 'Cyberwira'.

Meskipun Ali jauh dari ayahnya yang sibuk, dia memiliki tempat yang lembut untuk keluarga tersebut, seperti yang terlihat dalam MISI: BANGKIT, ketika dia menentang arahan Jenderal Rama untuk berpartisipasi dalam misi menyelamatkan ayahnya, yang telah ditangkap oleh Aaron; dan dalam MISI: OVERRIDE, saat Ali menggunakan I.R.I.S. pada tingkat yang baru untuk mengalahkan Uno setelah serangannya menghantam Bakar sampai tak sadarkan diri.

Senjata

Teaser #1

  • Stiker Kejutan Listrik: Menempel pagar dan sengatan listrik melawan lawan. Ini akan meledak saat menyerang musuh.
  • Pistol Kejutan: Memecahkan tong, menolak musuh dengan kuat.
  • Bom Lengket: Menempel ke kulit lawan dan meledak setelah beberapa saat.
  • Sepatu Pogo: Memungkinkan Ali untuk melompat dari gedung tinggi.

Teaser #2

  • Bersenjata: Ali menggunakan lastiknya sebagai senjata di penggoda kedua. Saat itu, karakter Alicia belum diciptakan. Ketika mereka menjadikannya karakter utamanya, Alicia diberi senjata lastik dan dipaksa mencari senjata lain untuk Ali. Sutradara serial tersebut akhirnya mendapat inspirasi untuk memberi Ali seorang yoyo berteknologi tinggi setelah dia menonton video Facebook dimana seorang anak bermain yoyo.

Ejen Ali

  • I.R.I.S. (Infinity Retinal Intelligence System): Perangkat yang menganalisis lingkungan dan lawan-lawannya (dengan mengatakan kepadanya apa yang akan dilakukan lawan sebelum melakukannya) dan juga menawarkan solusi untuk mengalahkannya dengan menampilkan instruksi hologram yang hanya terlihat melalui lensa I.R.I.S Hal ini juga dapat memindai sekelilingnya dalam penglihatan X-Ray. Sejak I.R.I.S. adalah sebuah prototipe, kemampuannya selalu ditemukan setiap kali Ali menggunakannya untuk sesuatu yang baru.
    • I.R.I.S. Override Mode
  • Yoyo: Membuat perisai saat berputar dengan kecepatan tinggi. Ini juga memancarkan kekuatan yang mendorong secara paksa atau pukulan lawan Ali.
  • Aero Boots: Meningkatkan kemampuan lompatan Ali yang memungkinkannya melompat jarak atau lompat tinggi. Aero Boots dikoordinasikan dengan I.R.I.S., yang berarti dia hanya dapat menggunakannya dengan benar jika dia benar-benar fokus menggunakan I.R.I.S. untuk mengirim masukan ke Aero Boots (Penampilan pertama: MISI: BANGKIT).
  • Skuter: Setelah skuter tua Ali dihancurkan oleh truk besar, Jenny menciptakan skuter baru dengan bentuk dan bentuk yang sama seperti sebelumnya, dan skuternya ditingkatkan dengan teknologi M.A.T.A. dan selaraskan dengan I.R.I.S .. Selain rangsangan roket, upgrade skuter belum terungkap.

Trivia

  • "Ali" adalah nama Melayu yang sederhana dan banyak digunakan di buku teks sekolah dan buku kerja.
  • Ali salah selama 9 tahun oleh Dos dan Bakar di MISI: IRIS karena ketinggiannya yang rendah.
  • Ayah Ali, Dr. Ghazali, pertama kali terlihat di video MISI: RAYA.
  • Nama lengkap Ali telah terungkap sebagai "Ali bin Ghazali" dalam MISI: SERI.
  • Ali menjadi tokoh protagonis ketiga dalam animasi Malaysia yang disuarakan oleh wanita. Yang pertama adalah Upin dan Ipin dan yang kedua adalah BoBoiBoy.
  • Saat di seragam agen, gaya rambutnya seperti ayahnya.
  • Seperti yang terungkap dalam Majalah Komik Ejen Ali #1, tingginya 130 cm dan tanggal lahirnya adalah 8 April.
    • 8 April juga merupakan debut pertama dari episode pertama dan kelahiran seri Ejen Ali.
  • Ali adalah salah satu anak terkaya di Cyberaya, karena ayahnya adalah salah satu jenius komputer Cyberaya yang paling berbakat dan paling berpengalaman di dunia.
  • Persahabatan Ali dan Viktor kebanyakan dipenuhi dengan permainan, tapi Viktor dengan mudah mengetahui kapan Ali marah dan mencoba memberikan nasehat yang berguna, yang Ali putuskan untuk memanfaatkannya.
  • Ali menyatakan bahwa dia suka menjadi agen dan dapat menggunakan I.R.I.S. karena dia merasa bisa membantu masyarakat, karena ketidaksenangannya sebagai anak biasa telah mencegahnya berdiri melawan orang lain.
  • Meskipun dia tidak menyukai Alicia, Ali masih bertanggung jawab untuk membantunya dan mencoba bersikap ramah padanya selama dan melakukan outsourcing.
  • Dalam MISI: COMOT, layar tablet Alicia telah menunjukkan rincian tentang profil Ali. Ali yang diklasifikasikan di Rumah Merah, salah satu tim olahraga di sekolah tersebut. Hal ini juga ditunjukkan dengan kemeja merah yang dikenakan oleh Ali selama kelas Pendidikan Jasmani.

Kutipan dialog

Galeri

Intro Ali
Klik di sini untuk melihat galeri.

Latihan Simulasi

EJEN ALI Simulation Training - ALI

EJEN ALI Simulation Training - ALI

EJEN ALI: Latihan Simulasi - ALI

Navigasi

Karakter
Karakter Baik AliBakarAliciaGeneral RamaRizwanComotKaryaLeonGeethaJetRozaMikaChrisImanBulatKhaiZassMoonRudyZainGanzDayang
Karakter Jahat DosTrezWak MusangDr. AaronKomengAbang BearJennyUnoNeonimusAnalogmanOchoSeisSieteCuatro
Karakter Pendukung Aunty FayeShaunSyedDr. TongViktorMiaPuan MunahDr. GhazaliDr. MalaMelurMawarSasidaranBoy